Hard Rock Cafe, yang berpusat di Orlando, membuka restoran pertamanya di London pada tahun 1971, menjadikannya restoran yang lebih dari 35 tahun dan menjadi panutan bagi restoran lain. Walaupun restoran lain muncul dan sirna silih berganti, Hard Rock tetap bertahan dengan 121 restoran di 40 negara- dan jumlah ini pun masih bertambah dengan terus di bukanya restoran-restoran Hard Rock Cafe setiap tahun. Hard Rock Cafe terkenal dengan benda kenangan (Memorabilia) musik yang di mulai pada saat pelannggan tetapnya, Eric Clapton, menandai kursi favoritnya dengan menggantungkan gitarnya pada dinding di Hard Rock Cafe London. Sekarang, Hard Rock memiliki investasi bernilai jutaan dolar dalam bentuk memorabilia. Untuk menjaga agar pelanggannya kembali datang, Hard Rock menciptakan nilai tambah dalam bentuk makanan lezat dan hiburan. Manajer operasi pada Hard Rock Cafe di Universal Studios di Orlando meneyediakan lebih dari 3500 produk khusus ( berupa makanan ) setiap hari. Makanan ini harus di racik dan dicoba kemudia dilakukan analisis bahan baku, pekerja yang di butuhkan, dan tingkat kepuasan pelanggan. Setelah disetujui, sebuah menu di masukkan kebagian produksi-hanya jika bahan bakunya tersedia dari pemasok yang terpilih. Proses produksi-mulai dari penerimaan, penyimpanan di mesin pendingin, hingga ke pemanggang, pembakaran atau penggorengan, dan puluhan tahapan lainnya-dirancang dan dipersiapkan untuk menghasilkan makanan berkualitas terbaik. Manajemen operasi harus mempersiapkan jadwal kerja pegawai dan merancang tata letak yang efisien dengan memperkerjakan orang-orang terbaik yang dapat mereka sewa dan latih. Manajer yang sukses dalam merancang dan menyediakan barang dan jasa diseluruh dunia adalah manajer yang memahami Manajemen Operasi. Manajer operasi menginginkan keindahan tata letak, tetapi mereka harus memastikan bahwa fasilitas yang digunakan mendukung pergerakan orang dan barang secara efisien dan terkendali. Tata letak dapur yang efisien, pekerja yang termotivasi, jadwal yang ketat, serta resep yang tepat pada tempat dan saat yang tepat sangat dibutuhkan untuk memuaskan pelanggan. Hard Rock Café di Orlando, Florida, menyiapkan lebih dari 3.500 masakan setiap hari. Kafe yang dapat menampung lebih dari 1.500 orang ini merupakan salah satu restoran terbesar di dunia. Namun demikian, manajer operasi Hard Rock tetap mampu menyajikan makanan hangat selagi hangat dan makanan dingin selagi dingin, kapan dan dimana s aja pelanggan menginginkannya. Dan banyak pekerjaan yang dilakukan untuk perancangan, pengujian, dan pembuatan anggaran untuk makanan. Selanjutnya, pemasok mengantarkan barang berkualitas secara tepat waktu dan setiap saat kepada koki-koki yang terlatih untuk menyiapkan makanan berkualitas. Bagaimanapun juga, hal tersebut menjadi takkan berarti jika tidak ada pekerja yang bersemangat dalam mengerjakan pekerjaannya
http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2705:jurnal-ilmiah-yunita-sitorus-1151135-ak-e&catid=65:manajemen-operasional&Itemid=66
http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2705:jurnal-ilmiah-yunita-sitorus-1151135-ak-e&catid=65:manajemen-operasional&Itemid=66
0 komentar:
Posting Komentar